UNIKAMA Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kembangkan Wisata Tangguh Sumber Jenon. Pengembangan itu berupa penanaman penghijauan TONIK (Tanaman Obat keluarga dan Hidroponik) di Desa Gunungronggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang, (10/8/2020).

Dilakukan penanaman ini merupakan bagian dari Program Kerja (Proker) kelompok 45A, karena mereka melihat potensi tanah yang ada di Desa Gunungronggo. Selain itu, Sumber Jenon ini merupakan daerah wisata tangguh karena area wisata ini menerapkan protokol kesehatan, pemberian masker dan tempat cuci tangan di pintu masuk wisata Sumber Jenon.

“Kami berisiatif melakukan penghijauan di Sumber Jenon, karena di sekitar kawasan wisata tersebut masih banyak tumbuhan. Sehingga kami melakukan penghijauan dengan menanam TONIK untuk memaksimalkan pengembangan wisata tangguh di Mata Air Sumber Jenon,” terang ¬†Faizal Aziz, ketua Kelompok 45A.

Program penghijauan tanaman ini, awalnya dilakukan dengan kegiatan sosialisasi terlebih dahulu dan prosesnya pun juga secara bertahap, yaitu dengan mengumpulkan bibit dari tanaman obat keluarga (TOGA) antara lain dari tanaman jamu seperti Jahe, Laos, Kencur, Kunyit, Lempuyang, Temulawak, dan Temu Ireng. Selain itu juga dilakukan polibek, menyiapkan pupuk kompos dan serbuk pari (dedek).

Sementara itu bahan-bahan hidroponik juga di persiapkan diantaranya pipa dengan ukuran 3,5 dim, lem, tutup pipa, bibit sawi yang sudah ditanam sejak 1 minggu sebelumnya, serta obat hidroponik.

Kolompok ini juga menyiapkan pipa  yang dilubangi sesuai panjangnya, dan memastikan jarak satu lubang dengan lubang yang lainnya harus sama, menyusun pipa yang telah dipersiapkan. Selain itu disiapkan penampung pada ujung pipa dengan ukuran lebih rendah, dan menyiapkan air yang sudah dicampuri obat hidroponik agar tanaman yang ditanam cepat tumbuh.

Setelah proses penanaman selesai, polibek dan paralon diberikan stiker KKN UNIKAMA sebagai tanda dan identitas bahwa mahasiswa KKN kelompok ini yang berkontribusi melakukan kegiatan ini. Disamping itu juga diberikan ikan dan icon dari triplek berbentuk love berwarna hitam dan merah serta bertuliskan Sumber Jenon KKN UNIKAMA 45 2020 sebagai simbol kegiatan KKN Unikama kelompok 45.

Kegiatan penanaman dan penghijauan ini dilakukan secara bersama-sama dengan karang taruna dan masyarakat di desa Sumber Jenon, sehingga keakraban dan suasana kerjasama antar warga dan mahasiswa KKN Unikama terjalin dengan baik.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Gatot Sarmidi. M.Pd. sangat mendukung dengan diadakannya program penanaman TOGA dan Hitroponik yang dibuat mahasiswa KKN UNIKAMA. Hal semacam ini bisa membuat warga Desa Gunungronggo menjadi sehat dan bermanfaat, karena TOGA dan Hiroponik bisa menjaga kesehatan.

Sementara itu, warga Desa Gunungronggo, Achamd Sholeh mendukung adanya penanaman TOGA dan Hidroponik di Mata Air Sumber Jenon, karena warga sangat terbantu dengan adanya TOGA dan Hidroponik. Selain itu bisa menjadi perintis untuk pengembangan  penanaman disekitar Sumber Jenon dan dilestarikan sebagai wisata tangguh.

Kembangkan Wisata Sumber Jenon, Mahasiswa KKN Unikama Tanam TONIK